OPTIMALISASI PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL DI PT. USDA SEROJA JAYA CABANG MERAK

Penulis

  • Agung Kwartama Akademi Maritim Nasional JAYA
  • Sunu Lambang Karimunanto Akademi Maritim Nasional JAYA

Kata Kunci:

Custom, Keagenan, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai, Pelabuhan

Abstrak

Setiap angkutan laut yang berlayar pasti singgah di pelabuhan untuk melakukan pemuatan atau pembongkaran barang serta embarkasi dan debarkasi, rencana kedatangan/keberangkatan kapal dan juga segala keperluan yang dibutuhkan oleh kapal. Sehingga pemilik kapal (Principal) harus menunjuk salah satu perusahaan pelayaran yang berada di pelabuhan tertentu untuk melayani segala keperluan kapal selama berada di pelabuhan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik, karena penelitian dilakukan pada kondisi alamiah. Data – data yang penulis jabarkan adalah sebuah data alamiah yang penulis dapat melalui tiga metode pengumpulan data, yaitu riset lapangan (Field Research), riset kepustakaan (Library Research), dan dokumentasi. Faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan penentu keberhasilan sebuah perusahaan dalam memasarkan jasanya. Semakin baik dan berkualitasnya SDM yang dimiliki oleh perusahaan, maka akan berpengaruh bagi peningkatan pelayanan jasa kapal perusahaan tersebut. Minimnya jumlah sumber daya manusia yang ada di perusahaan PT. Usda Seroja Jaya Cabang Merak dapat mengakibatkan karyawan kesulitan menangani suatu keterlambatan dalam hal pengurusan jasa pelayanan kapal dan pemberian laporan. analisis data SWOT berdasarkan pembahasan-pembahasan yang ada, menganalisa agar dapat menjawab permasalahan yang ada pada bab awal yaitu bagaimana cara mengatasi jumlah kedatangan kapal setiap bulan mengalami penurunan dasn bagaimana cara mangatasi kurangnya daya saing terhadap PT. Usda Seroja Jaya Cabang Merak

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-21