PEMANFAATAN MICRO INFLUENCER SERTA ENGAGEMENT PENGELOLA MEDIA SOSIAL DALAM SOSIALISASI SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA

Penulis

  • Joe Ronald K. Bokau Politeknik Pelayaran Barombong

Kata Kunci:

Sipencatar, Media Sosial, Calon Taruna, Instagram

Abstrak

Sejak COVID-19 melanda dunia, Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah Pelayaran didunia mengalami disrupsi hebat. Tantangan yang muncul salah satunya adalah bagaimana menarik minat masyarakat kembali untuk mendaftarkan diri mereka menjadi pelaut sebagai pilihan karir di masa depan. Untuk memecahkan masalah ini, Poltekpel Barombong melakukan giat yang komprehensif dengan menggerakkan relasi publik dan pemanfaatan platform media sosial seperti Instagram. Penelitian ini bersifat partisipatoris dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 226 calon taruna yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan calon taruna di Poltekpel Barombong disepanjang tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sangat baik untuk diimplementasikan di masa depan dengan berbagai hal yang harus dimaksimalkan: 1) perlu adanya kerjasama berkesinambungan dengan influencer; 2) pengembangan dalam penyajian konten yang sesuai dengan perkembangan zaman; 3) investasi pada peralatan yang jauh lebih mutakhir dengan sumber daya yang kompeten dalam mengoperasikannya. Pemanfaatan media sosial dalam sosialisasi seleksi penerimaan calon taruna memiliki berbagai kelebihan seperti biaya yang relatif murah, akan tetapi terdapat pula berbagai kelemahan diantaranya tidak menjangkau ke daerah-daerah yang tertinggal, terdepan dan terluar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-22