Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Ujian Online Otomatis Di Perguruan Tinggi Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.69754/kalaos.v3i2.70Keywords:
Autoproctor, Efektivitas, Ujian Online, TarunaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran pelaksanaan ujian online menggunakan sistem pengawasan Autoproctor pada taruna Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Pada tahap awal, peneliti akan melihat pengenalan ujian online, efektivitas ujian online, kesukaan ujian online, kesiapan taruna untuk melaksanakan ujian online, serta pengenalan aplikasi Autoproctor . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa familiar, siap, efektif, dan favorit taruna untuk ujian online, yang telah dilaksanakan di Politeknik Berlayar serta pengenalan aplikasi Autoproctor kepada taruna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan aplikasi Autoproctor dalam mengawasi ujian online yang dilakukan. Hasil penelitian untuk variabel pengenalan ujian online menemukan bahwa 70,9% responden telah diperkenalkan dengan ujian online. Untuk variabel kesukaan terhadap pelaksanaan ujian online , 62,2% responden menyatakan menyukai pelaksanaan ujian online. Untuk variabel telah mengikuti ujian online ditemukan bahwa 66,9% responden telah mengikuti ujian secara online. Untuk efektivitas ujian online , 59,9% responden menyatakan bahwa ujian online efektif. Untuk pengenalan aplikasi Autoproctor, 72,7% responden belum pernah mengenal aplikasi Autoproctor.
Downloads
References
] Adha, M. L. 2011. Implementasi Aplikasi Ujian Online pada training karyawan menggunakan metode computerized classification test dengan adaptive feedback [skripsi]. Depok. Universitas Indonesia.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Ayuni, Despa., Marini, Tria., dkk. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421.
Barua, J. 1999. "Pengujian Berbasis Komputer di Kampus." Silabus, April 1999: 51-5.
Broadbent, J. (2017). Membandingkan strategi pembelajaran mandiri dan kinerja akademik pembelajar online dan campuran. Internet dan Pendidikan Tinggi, 33, 24-32.
Chitkushev, L., Vodenska, I., Zlateva, T (2014). Faktor Dampak Pembelajaran Digital: Kepuasan dan Kinerja Siswa dalam Kursus Online. Jurnal Internasional Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol. 4, No. 4, Agustus 2014.
Gusty, S., dkk. (2020). Belajar Mandiri : Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 (J. Simarmata (ed.); edisi ke-1st). Yayasan Kita Menulis.
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Jurnal Penelitian Teknik & Manajemen Industri, 1(2), 16.
Jaggars, S., S., Bailey, T (2010). Efektivitas Kursus Online Sepenuhnya untuk Mahasiswa: Tanggapan terhadap Meta-Analisis Departemen Pendidikan. Dewan Internasional untuk Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Juli 2010.
Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud. 2013. Ringkasan Laporan Teknis 2007-2012: PengembanganModel Computerized Adaptive Testing (CAT). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian danPengembangan.
Suprananto. 2012. Model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan. Disertasi.Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Susanto, A dan H, Honggo. 2013. Perancangan ujian online pada STMIK GI MDP berbasis Web.
Tryatmojo, L. 2013. "Ujian Nasional Secara Online, Bisakah?"
Yilmaz, R. (2017). Menggali peran kesiapan e-learning terhadap kepuasan dan motivasi siswa di kelas terbalik. Komputer dalam Perilaku Manusia, 70, 251-260. DOI:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Fitri Masito, Nining Idyaningsih, Parjan Parjan, Ahmad Rossydi, Maya Masita, Jose Beno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.