Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Ujian Online Otomatis Di Perguruan Tinggi Vokasi

Authors

  • Fitri Fitri Masito a:1:{s:5:"id_ID";s:32:"Politeknik Penerbangan Palembang";}
  • Nining Idyaningsih Politeknik Penerbangan Palembang
  • Parjan Parjan Politeknik Penerbangan Palembang
  • Ahmad Rossydi Politeknik Penerbangan Makassar
  • Maya Masita Politeknik Penerbangan Makassar
  • Jose Beno Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.69754/kalaos.v3i2.70

Keywords:

Autoproctor, Efektivitas, Ujian Online, Taruna

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran pelaksanaan ujian  online  menggunakan sistem pengawasan Autoproctor pada  taruna Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Pada tahap awal, peneliti akan melihat  pengenalan ujian online, efektivitas ujian online,  kesukaan  ujian online,  kesiapan taruna untuk melaksanakan ujian online,  serta pengenalan aplikasi Autoproctor  . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa familiar, siap, efektif, dan favorit  taruna untuk ujian online, yang telah dilaksanakan di Politeknik Berlayar serta pengenalan aplikasi Autoproctor kepada taruna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan   aplikasi  Autoproctor dalam mengawasi ujian online yang dilakukan.  Hasil  penelitian untuk variabel pengenalan  ujian online menemukan bahwa 70,9% responden telah diperkenalkan dengan ujian online.   Untuk variabel kesukaan terhadap  pelaksanaan ujian online  , 62,2% responden menyatakan menyukai pelaksanaan ujian online. Untuk variabel  telah mengikuti ujian online  ditemukan bahwa 66,9% responden telah mengikuti ujian secara online.  Untuk efektivitas   ujian online  , 59,9% responden menyatakan bahwa ujian online efektif. Untuk pengenalan  aplikasi Autoproctor, 72,7% responden belum pernah mengenal aplikasi Autoproctor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

] Adha, M. L. 2011. Implementasi Aplikasi Ujian Online pada training karyawan menggunakan metode computerized classification test dengan adaptive feedback [skripsi]. Depok. Universitas Indonesia.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Ayuni, Despa., Marini, Tria., dkk. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421.

Barua, J. 1999. "Pengujian Berbasis Komputer di Kampus." Silabus, April 1999: 51-5.

Broadbent, J. (2017). Membandingkan strategi pembelajaran mandiri dan kinerja akademik pembelajar online dan campuran. Internet dan Pendidikan Tinggi, 33, 24-32.

Chitkushev, L., Vodenska, I., Zlateva, T (2014). Faktor Dampak Pembelajaran Digital: Kepuasan dan Kinerja Siswa dalam Kursus Online. Jurnal Internasional Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol. 4, No. 4, Agustus 2014.

Gusty, S., dkk. (2020). Belajar Mandiri : Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 (J. Simarmata (ed.); edisi ke-1st). Yayasan Kita Menulis.

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Jurnal Penelitian Teknik & Manajemen Industri, 1(2), 16.

Jaggars, S., S., Bailey, T (2010). Efektivitas Kursus Online Sepenuhnya untuk Mahasiswa: Tanggapan terhadap Meta-Analisis Departemen Pendidikan. Dewan Internasional untuk Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Juli 2010.

Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud. 2013. Ringkasan Laporan Teknis 2007-2012: PengembanganModel Computerized Adaptive Testing (CAT). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian danPengembangan.

Suprananto. 2012. Model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan. Disertasi.Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Susanto, A dan H, Honggo. 2013. Perancangan ujian online pada STMIK GI MDP berbasis Web.

Tryatmojo, L. 2013. "Ujian Nasional Secara Online, Bisakah?"

Yilmaz, R. (2017). Menggali peran kesiapan e-learning terhadap kepuasan dan motivasi siswa di kelas terbalik. Komputer dalam Perilaku Manusia, 70, 251-260. DOI:

Published

2024-04-19

How to Cite

Fitri Masito, F., Nining Idyaningsih, Parjan Parjan, Ahmad Rossydi, Maya Masita, & Jose Beno. (2024). Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Ujian Online Otomatis Di Perguruan Tinggi Vokasi . Kalao’s Maritime Journal, 3(2), 10–15. https://doi.org/10.69754/kalaos.v3i2.70