Pentingnya Pemeliharaan Rantai Jangkar Di Mt. Griya Flores

Authors

  • Latief M Latief M a:1:{s:5:"id_ID";s:34:"Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang";}
  • Widiatmaja A Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Septianto A Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

DOI:

https://doi.org/10.69754/kalaos.v3i1.68

Keywords:

Rantai jangkar, Pemeliharaan, Prosedur perawatan

Abstract

Berlabuh jangkar ialah mengikat kapal pada dasar perairan agar kapal tidak larat terkena arus dan angin. Di saat berlabuh jangkar sering dijumpai berbagai macam masalah yang berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri meliputi permasalahan bagian-bagian pada jangkar yang menunjang kinerja jangkar yang diakibatkan karena kurangnya perawatan terutama pada rantai jangkar. Hal ini yang membuat penulis memilih mengangkat masalah mengenai peranan pemeliharaan rantai jangkar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan peranan pemeliharaan rantai jangkar yang baik dan benar. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pembuatan prosedur pemeliharaan rantai jangkar guna menunjang pelaksanaan PMS diatas kapal, untuk menciptakan kondisi yang aman saat berlabuh dan menunjang kerja jangkar. Dampak yang akan timbul jika tidak menjalankan peranan pemeliharaan rantai jangkar yang baik dan benar, yaitu korosi, habisnya gerigi wildcat, pengaruh terhadap proses labuh jangkar, proses heavy up anchor terganggu dan dapat menghambat operasional kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Agoes Santoso, Semin dan Zaman, M.D. 2019, Permesinan Bantu Pada Kapal Modern Vol.1: Permesinan Geladak, Airlangga University Press, Surabaya.

. BKI, 2022, Rules For Classification And Construction Pt.1 Seagoing Ships Vol.2 Rules For Hull, Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

. Budi Harsanto, 2017, Dasar Ilmu Manajemen Operasi, UNPAD Press, Bandung.

. Chinese Jurnal Of Aeronautics (CJA), 2014, Chinese Society Of Aeronautics and Astronautics, Beihang University, China.

. Eddie Rinaldy, Denny Ikhlas dan Ardha Utama, 2021, Perdagangan Internasional, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

. Fathun, 2020, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan 1, CV. Diandra Primamitra Media, Sleman.

. Gard, 2016, Anchor Loss–Technical and Operational Challenges and Recommendations, DNV GL, Swedia.

. Jatira dan Amri Abdullah, 2022, Metode Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin, CV. Penerbit Qiara Media, Pasuruan.

. Khairuddin Tampubolon dan Abdullah Fahmi, 2020, Elemen-Elemen Mesin Bantu pada Mobil dan Perawatannya, Inteligensia Media, Malang.

. Khetagurov, 2009, Marine Auxiliary Machinery and Systems, University Press of the Pacific, Hawaii.

. Moleong, L.J. 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

. Nurhadi, Hasibuan, S.W., Ascarya, Masrifah, A.R., Eny Latifah, Misno, Dini Dewindaru, Shalihah, B.M., Muhammad Taufik, Andi Triyawan, Rakhmawati, Indirayuti, T.Y., Mubarrok, U.S.,

. Heni Pratiwi, 2021, Metode Penelitian Ekonomi Islam, CV. Media Sains Indonesia, Bandung.

. Rusdiana, H.A. dan Zaqiah, Q.Y. 2022, Manajemen Perkantoran Modern, Insan Komunika, Bandung.

. Sarmanu, 2017, Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika, Airlangga University Press, Surabaya.

. Simarmata, N.I.P., Abdurrozzaq Hasibuan, Imam Rofiki, Sukarman Purba, Tasnim, Efbertias Sitorus, Silitonga, H.P., Eko Sutrisno, Bonaraja Purba, Ritnawati Makbul, Efendi Sianturi, Erniati Bachtiar, Tuti Agustin, Negara, E.S.,

. Janner Simarmata, 2021, Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi, Yayasan Kita Menulis, Medan.

. Smith, 2009. International Application Published Under The Patent Cooperation Treaty (PCT), World Intellectual Property Organization, International Bureau.

. Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

. Suharso, D.D. 2020, Prinsip Pengenalan Bagian-Bagian Kapal, Zifatama Jawara, Sidoarjo.

Published

2024-04-18

How to Cite

Latief M, L. M., Widiatmaja A, & Septianto A. (2024). Pentingnya Pemeliharaan Rantai Jangkar Di Mt. Griya Flores. Kalao’s Maritime Journal, 3(1), 31–45. https://doi.org/10.69754/kalaos.v3i1.68