Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Alumni (Tracer Study) Berbasis Web Pada Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara

Authors

  • Santun Santun Irawan a:1:{s:5:"id_ID";s:35:"Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara";}

DOI:

https://doi.org/10.69754/kalaos.v2i2.58

Keywords:

Alumni, Tracer Study, Usecase, Waterfall

Abstract

Alumni merupakan hasil atau produk dari sebuah institusi pendidikan. Kualitas, kontribusi dan peran alumni dalam sebuah perguruan tinggi sangat penting untuk diketahui, dilacak dan didata karena keberhasilan alumni di masyarakat adalah keberhasilan perguruan tinggi, begitu juga kegagalan alumni tidak terlepas dari perguruan tinggi juga. Data alumni selain berperan sebagai penentu kualitas dari sebuah perguruan tinggi, data pengguna alumni juga berperan dalam menentukan nilai akreditasi yang diperoleh oleh perguruan tinggi. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Perhubungan yang berkedudukan di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara yang sudah banyak meluluskan Taruna yang mempunyai keterampilan sesuai dengan bidangnya masing- masing dan siap bekerja. Jumlah alumni yang begitu banyak tersebut telah menyebar di beberapa wilayahIndonesia. Maka dari itu, Diperlukan suatu system informasi yang dapat menginformasikan data secara akurat dari para alumni yang ada. Guna mendapatkan informasi yang akurat dan mudah dalam pengaksesan datanya, maka informasi dapat dirangkum dalam sebuah sistem informasi berbasis web dan perlu juga dibangun sebuah sistem informasi yang tentunya dapat mempermudah proses akses data tersebut. Tracer Study merupakan pendekatan yang memungkinkan institusi pendidikan tinggi memperoleh informasi tentang kekurangan yang mungkin terjadi dalam proses Pendidikan dan proses pembelajaran dan dapat menjadi dasar untuk perencanaan aktivitas penyempurnaan dimasa mendatang. untuk lebih mempermudah memperoleh informasi dari data alumni Polteknik Pelayaran Sulawesi Utara. Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian waterfall. untuk dapat memecahkan masalah ini dengan menganalisis dan merancang sistem informasi Tracer Study berbasis Web sehingga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan dapat membantu kinerja pegawai pengelola Data dan Informasi Alumni pada Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shalahudin, R. A. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula Bandung.

Jogiyanto, H. (2010).Analisa Dan Desain Sistem Informasi.

Yogyakarta: Andi Offset.

A.S, Rosa & M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika Bandung, 2014.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika.

Tantra, R. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Fauziah, S. K. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: CV. Muara Indah.

Hanif, AlFatta. (2007). Analisa & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. ogyakarta: Andi Yogyakarta.

Nursubyantoro, Eko & Puryani. 2016. Perancangan Sistem Penelusuran Alumni (Tracer

Study) Berbasis Web. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol 9 No 2. UPN Veteran, Yogyakarta.

Sutabri, T., 2012, Analisis Sistem Informasi, Ed. I, Andi Offset, Yogyakarta

Safitri, H., 2014. “Studi Penelusuran Alumni Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Fisika Universitas Terbuka”.

A. Belinda et al., 2018 “Pengembangan Situs Web sebagai Wadah

Berbagi Jurnal Menggunakan Framework Codeigniter”.

Ariansyah,F.,2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Alumni Pada Stie Prabumulih Berbasis Website Dengan Menggunakan Bootstrap,” J. Inform.

R. M. N. Ruli Erinton, “Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache,” eProceedings Eng., vol. 4, no. 3, pp. 3565– 3572, 2017.

G. A. Priyatna Zaman, “Perancangan Dan Implementasi Web Servicesebagai,” J. Inform., 2017.

Published

2024-04-04

How to Cite

Santun Irawan, S. (2024). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Alumni (Tracer Study) Berbasis Web Pada Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara. Kalao’s Maritime Journal, 2(2), 17–30. https://doi.org/10.69754/kalaos.v2i2.58