Penggunaan Strategi Pemodelan Diagram Atau Gambar Dengan Pendekatan Analogi Pada Topik Bentuk Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.69754/kalaos.v4i1.39Keywords:
Aljabar, Analogi, PemodelanAbstract
Penelitian ini adalah untuk meneliti dan menguji pengaruh strategi pemodelan diagram atau gambar pada topik bentuk aljabar dengan pendekatan analogi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Terhadap populasi yang diambil dari seluruh kelas VII RSBI, yang terdiri dari kelas A, B, C, dan D di SMP Negeri 1 Ratahan sedangkan sampel yang diambil adalah 2 kelas yang homogen yaitu kelas VII A yang terdiri dari 20 siswa, sebagai kelas Kontrol dan Kelas VII C yang terdiri dari 19 siswa sebagai kelas Eksperimen. Data diambil dan dikumpulkan dari pretest dan postest pada materi bentuk-bentuk Aljabar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial. Pada analisis deskriptif rata – rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan bentuk aljabar menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi 49.37 sedangkan rata – rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan bentuk aljabar tanpa menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi adalah 35.55. Sedangkan pada analisis inferensial yaitu dengan menggunakan uji perbedaan dua rata – rata menunjukkan nilai thitung = 3.763 > ttabel = 1.687. Ini berarti bahwa, nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar antara siswa yang diajarkan bentuk- bentuk aljabar menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan bentuk aljabar tanpa menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi
Downloads
References
Ahmadi, Amri. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta : Prestasi Pustaka
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Cholik, et al. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Erlangga. Dosen FKIP Unsyiah Banda Aceh. 2006. www.fkipbandaaceh.net/research.com/efektivita spenggunaananalogi (download : 10 Agustus 2010)
Krismanto. 2003. Beberapa Tekhnik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Depdiknas. http://mat.um.ac.id/alatperaga/pbm/strategipembe lajaranmatematika.pdf (download : 08 Agustus 2010)
Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang : RaSAIL Media Group.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukino, Simangunsong, W. 2006. Matematika Untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Erlangga. HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI DAN
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frisca Mareyta Pongoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.